Saturday 4 November 2017

FUNGSI DAN BAGIAN KERANGKA KEPALA IKAN

Selamat datang kembali di blog saya Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas sekilas tentang materi kuliah saya yaitu lanjutan dari Bentuk dan Tubuh ikan. Disini saya akan membahas apa saja fungsi dan apa saja bagian rangka kepala pada ikan.
yuk langsung aja kita bahas dibawah.
Kerangka Kepala Ikan

Rangka kepala ikan memiliki beberapa fungsi dari masing - masing bagiannya. Berikut merupakan bagian dan fungsi rangka ikan tersebut.
1. Cranium
Cranium adalah bagian tulang kepala (casing) yang melindungi otak atau bisa juga disebut dengan batok kepala
2. Suspensorium
Suspensorium adalah bagian tulang kepala yang menopang bagian kepala lainnya
3. Jaw
Jaw atau Rahang adalah bagian tulang kepala yang berfungsi untuk menggerakkan mulut membuka dan menutup. Jaw terbagi menjadi upper jaw dan lower jaw
4. Opercular Apparatus
Opercular Apparatus adalah bagian tulang kepala yang berfungsi untuk melindungi/menutupi insang (tutup insang)
5. Pectoral Girdle
Pectoral Girdle adalah bagian tulang belakang yang berkaitan dengan sirip dada atau tempat tautan untuk menempelkan sirip dada

Berikut tadi merupakan pembahasan singkat tentang Fungsi dan Bagian Rangka Kepala Ikan
Silahkan berkomentar dibawah bila ada yang ingin ditanyakan. Inshaallah jika saya bisa menjawabnya.
Semoga bermanfaat & mohon maaf bila ada salah kata sebelumnya.
Sampai jumpa di postingan selanjutnya.

 

No comments:

Post a Comment